Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Friday, July 17, 2015

Resep Kue Pukis Banyumas

Kalau udah di banyumas, ketemu sama satu kue legendaris yang namanya kue pukis. Emang sih banyak yang bilang kalau asal muasal dari kue pukis sendiri tuh dari banyumas. Kue pukis termasuk dalam kategori kue tradisional basah. Sering bisa kita jumpai di berkatan (sekotak kue setelah hajatan) atau acara pernikahan. Tapi sekarang untuk menikmati kue pukis, nggak harus nunggu orang hajatan atau nikahan. Banyak banget udahan yang jual di pinggir jalan.

Tapi resep kue pukis sangat mudah di praktikan di rumah anda masing –  masing. Hanya berbekal cetakan dan beberapa bahan, anda bisa menikmati pukis hangat setiap saat. Dengan membuatnya sendiri dirumah, anda juga bisa berkreasi kan? Mulai dari warna, ukuran, hingga topping pelengkapnya.

Resep Kue Pukis

Begitulah kalimat iming – iming yang bisa saya berikan untuk anda, sekarang saatnya saya memberi rahasia bahan – bahan apa saja sih yang diperlukan untuk menikmati kue pukis hangat nan lembut dan empuk? Jangan kemana – kama dulu, simak nih :

  • 150 gram tepung terigu yang memiliki protein sedang saja.
  • 2 gelas santan yang terdiri dari 1 gelas santan kental dan 1 gelas santan biasa.
  • 1 ons gula pasir putih.
  • Sekitar 50 – 60 mili air hangat.
  • 1 sdt ragi instan.
  • Telur ayam siapkan 3 butir saja
  • Dan terakhir adalah bahan taburnya, terserah anda, anda bisa menggunakan keju, meses, buah nangka, kismis, selai, ataupun yang lainnya.

Adapun untuk langkah – langkah pembuatannya yang sangat mudah untuk di ikuti, hanya berbekal terampil dan sabar, saya yakin anda akan menghidangkan kue pukis hangat nan lembut dan empuk di depan keluarga tersayang. Langsung saja, inilah langkah – langkah pembuatannya tersebut :

  1. Siapkan beberapa peralatan seperti panci, cetakan, mixer, sendok, baskom, dan beberapa peralatan lain ang dirasa diperlukan oleh anda.
  2. Taruh panci di atas kompor, rebus santan hingga mendidih, tapi jangan i diamkan saja ya, sambil sering di aduk agar santan tidak pecah. Setelah itu barulah bisa di angkat dan di dibiarkan beberapa saat.
  3. Di air hangat yang ada di gelas tadi, campurkan ragi. Gunakan sendok untuk mengaduknya hingga muncul busa.
  4. Kocok telur bersamaan dengan gula pasir hingga menjadi kental dan berkembang.
  5. Di wadah yang cukup besar, masukkan tepung terigu, kemudian disusu dengan adonan larutan ragi plus kocokan telur. Aduk sampai adonan menjadi halus, kalau menggunakan mixer, gunakan mixer dengan kecepatan rendah, atau bisa anda aduk menggunakan tangan.
  6. Bahan terakhir yang dimasukkan adalah santan.
  7. Setelah santan dimasukkan, diamkan kurang lebih 15 menit saja.
  8. Sekarang anda bisa mulai memanaskan cetakan di atas kompor. Olesi menggunakan margarin dulu ya.
  9. Tuangkan adonan kedalam cetakan hampir penuh. Kira – kita 1/8 nya.
  10. Setelah adonan setengah matang bisa anda taburkan bahan pelengkapnya. Dan tunggu aja sampai matang ya. 

Untuk membuat pukis, lebih baik anda gunakan api sedang saja, bahkan kalau perlu sedikit lebih kecil agar matang sampai dalam dan tidak gosong.