Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Sunday, July 19, 2015

Resep Kue Pukis Khas Bangka

Meskipun kue pukis terkenalnya dari daerah banyumas, tapi nggak ada salahnya jika kita mencoba dari daerah lainnya, salah satunya dari Bangka nih. Bangka memang terkenal dengan kue – kue ny yang tebel, manis, dan terasa mewah. Maka dari itu tak heran jika kue khas bangka seperti terang bulan di bandrol dengan harga yang lumayan tinggi karena udah dijamin rasanya.

Dengan bandrol harga yang cukup tinggi, bukan berarti resepnya dirahasiakan kok, jadi anda bisa mebuatnya sendiri di rumah. Dibawah ini ada resep pukis bangka yang rasanya memang tiada tanding, enak banget lah serius. Jadi ga perlu ngeluarin kocek dan bensin lagi deh kalau pengen menikmatinya.

Resep Kue Pukis

Jadi, apa saja rahasia dibalik pukis bangka? Hahaha sekarang ga ada yang namanya rahasia. Karena saya telah menuliskan khusus untuk anda yang mau mencoba. Tunggu apa lagi, ini lah bahan – bahan yang digunakan untuk membuat pukis bangka :

  • ½ kg tepung terigu berprotein. Bisa anda gunakan segitiga biru ataupun tepung terigu cakra.
  • Siapkan 1 butir kelapa, buatlah santan sampai kira – kira 750 ml.
  • Telur ayam sebanyak 4 butir.
  • 1 sdt ragi instan.
  • Susu kental manis yang warna putih ½ kaleng.
  • 30 gram wijsman.
  • Sedikit garam.
  • 3 ons gula.
  • ½ sdt vanili bubuk.
  • 3 lembar daun jeruk.
  • Dan 2.5 ons margarin. Gunakan blueband.

Mungkin anda terkejut dengan salah satu bahan pembuatannya yaitu jeruk nipis. Tapi jangan buruk sangka dulu, jeruk nipis disini akan menambahkan sensai yang berbeda loh. Lihat aja cara pembuatannya :

  1. Dengan menggunakan panci yang cukup besar, masak santan serta jeruk nipis dan garam yang campurkan kedalamnya. Tunggu beberapa saat hingga mendidih. Setelah itu baru api di matikan dan didiamkan beberapa saat agar hangat.
  2. Kocok telur serta gula hingga adinan mengembang, barulah bisa disusulkan tepung terigu, bubuk vanila serta ragi instan.
  3. Jika adonan di atas di rasa sudah mencampur, masukkan sedikit demi sedikit santan yang kondisinya sudah menjadi hangat tersebut.
  4. Kocok dengan mixer kecepatan rendah atau menggunakan tangan anda.
  5. Wijsman dan blueband bisa ditambahkan di tahap in sambil adonan terus di kocok.
  6. Diamkan adonan kurang lebih 60 menit agar mengembang sempurna.
  7. Anda bisa mulai mecetak kue di atas api sedang. Jika anda ingin warna yang berbeda, balilah adonan menjadi beberapa bagian, setelah itu beri pewarna.

Itulah kue pukis khas bangka yang saya bicarakan tadi. Kalau anda tidak mencoba jangan bilang susah ya, hehe