Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Monday, May 25, 2015

Resep Kue Lapis Legit

Kue lapis legit memang terkenal sebagai salah satu kue khas dari Indonesia yang khususnya disajikan pada hari raya di berbagai macam daerah. Kue lapis legit tidak di identifikasi asalnya dari daerah mana di di Indonesia karena memang sebenarnya kue lapis legit bukan di ciptakan di Indonesia oleh orang Indonesia, melainkan dibawa oleh orang Belanda pada jaman dulu. Walau rasanya memang enak karena manis legitnya itu, tapi jarang sekali orang mau membuatnya karena prosesnya yang cukup rumit, maka dari itu tak heran jika harga dari kue lapis legit ini lumayan melangit.

Bagi anda yang minim budged tapi pengen nikmatin kue lapis legit, apa salahnya jika membuat sendiri. dengan bahan yang gampang anda bisa kok menikmatinya walau memang harus ekstra sabar membuatnya, lapis demi lapis yang tipis harus di buat satu per satu. Beda dengan kue lapis beras yang tebal lapisan bisa mencapai 2 – 3 cm, kalau lapis legit, sangat tipis, lebih tipis akan lebih menambah nilai jual.

Cobalah tekuni, barang kali anda bisa berwirausaha dengan kue yang satu ini ya, hehe. Untuk membuat kue lapis legit membutuhkan bahan bahan di bawah ini nih :

    Resep Kue Lapis Legit
  • Pilih tepung terigu berprotein tinggi dan kualitas bagus. Bisa anda siapkan kurang lebih 1 ons saja.
  • Susu kental manis rasa vanila (warna putih) kira – kira ¼ kaleng.
  • Susu bubuk 30 gram.
  • 0.3 kg gula pasir.
  • Setengah kilo mentega butter.
  • Bubuk vanili 1 sdt.
  • Telur ayam sebanyak 30 butir.
Ok sekarang mari kita masuk ke proses pembuatan dari kue lapis legit. Harap sabar ya karena akan memakan waktu yang lumayan cukup lama, hehe.
  1. Ambil 2 wadah yang besar kira – kira untuk menampung 30 butir telur.
  2. Pecahkan telur, ambil kuningnya saja, sisihkan putih telur di wadah lainnya.
  3. Sementara di wadah lain, kocoklah mentega butter hingga menjadi berkembang, setelah itu baru ditambahkan susu kental manis sambil tetap di mixer.
  4. Setelah mentega butter dan susu kental manis, sekarang giliran si kuning telur dan gula pasir. Lakukan dengan proses yang sama seperti tadi namun di wadah lain loh ya. Terakhir tinggal di tambahkan vanily kedalam kocokan telur dan gula, lakukan sampai mengental. Kira – kira membutuhkan waktu 20 menit.
  5. Jika adonan sudah mengembang dan kental barulah di campurkan dengan campuran mentega dan gula. Pastikan semua mencampur rata. Mixer kurang lebih 5 menit sambil dicampur dengan susu bubuk.
  6. Siapkan loyang.
  7. Lapisi dengan kertas roti.
  8. Oleskan mentega.
  9. Taburkan sedikit terigu di atasnya.
  10. Buat lapisan pertama di loyang. Ratakan.
  11. Gunakan api bawah oven, setelah itu buat lapisan kedua dan seterusnya menggunakan api atas oven
Pasti capek ya bikinnya karena prosesnya lama, tapi kecapekan anda akan terbayar dengan manis legitnya kue lapis legit apa lagi selagi hangat.

iklan