Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Friday, May 22, 2015

Resep Kue Lapis Beras

Resep Kue Lapis Beras. Nyemil emang hal yang paling menarik menurut saya, apalagi yang punya hobi makan kayak saya, hehe. Namun walau suka nyemil harus waspada juga, kurangi bahkan hindari makanan cemilan yang banyak mengandung minyak (yang digoreng – goreng tuh). Lebih baik yang di kukus atau direbus aja lebih sehat, apalagi kalau yang punya karbo tinggi, lebih baik agar cepet ngerasa kenyang dan nyemilnya jadi sedikit aja hehehe.

Cemilan yang nggak mengandung minyak, hmmm sepertinya saya punya satu resep untuk anda yaitu kue lapis beras. Sudahkah anda mendengarnya? Itu loh jajanan tradisional yang lapis – lapis, rasanya manis, dan teksturnya tuh lembuut banget. Rasanya bisa macam – macam, ada pandan, coklat, susu, banyak deh tergantung kreatifitas yang buat.

Untuk membuat kue yang seperti saya ceritakan di atas, dibutuhkan beberapa bahan nih, sulit kah? Enggak kok, coba aja simak bahan – bahan dibawah ini :

    Resep Kue Lapis Beras
  • Gunakan tepung beras dengan takaran 300 gram.
  • Dengan tepung beras sebanyak itu, gunakan tepung kanji yang perbandingannya setengah dari tepung beras.
  • Pewarna makanan. Anda bisa menggunakan warna yang padu padannya sesuai kreatifitas anda masing – masing. Saya menggunakan perpaduan warna hijau dan coklat.
  • 2 sdm margarin.
  • 1 sdt garam.
  • 2 gelas gula pasir.
  • Ikat 2 lembar daun pandan.
  • 4 gelas santan yang kental.
Beginilah cara membuat kue lapis beras. Ikuti aja langkah – langkah dibawah ini dengan benar agar hasilnya seperti yang anda inginkan :
  1. Siapkan panci dan gunakan api sedang.
  2. Masak santan yang di campur dengan garam dan daun pandan.
  3. Tunggu hingga mendidih dan sesekali di aduk ya.
  4. Angkat santan dan saring ke wadah lain.
  5. Panaskan kembali di atas kompor sambil ditambahkan gula pasir serta margarin. Tunggu hingga gula dan margarin larut sambil di aduk terus.
  6. Ambil panci yang lainnya.
  7. Campurkan tepung beras dan tepung kanji.
  8. Tuangkan sedikit demi sedikit santan hangat yang telah dibuat sebelumnya, namun sebelum santan dimasukkan pastikan kanji dan tepung beras tercampur rata.
  9. Uleni hingga tidak ada adonan yang mringkil.
  10. Bagi adonan menjadi 2 untuk diberi warna coklat dan hijau.
  11. Tuang pewarna sesuai warna yang anda inginkan.
  12. Pastikan adonan warnanya menyatu.
  13. Ambil loyang.
  14. Olesi loyang dengan margarin atau minyak goreng.
  15. Masukkan adonan warna coklat,dengan ketebalan yang anda inginkan. Kemudian kukus selama sepuluh menit.
  16. Lanjutkan dengan menuangkan adonan warna hijau dan kukus 10 menit lagi, begitulah seterusnya hingga adonan anda habis dan kue lapis selesai dibuat.
Resep Kue Lapis Beras. Potong kue lapis kalau sudah dingin saja agar kue tidak hancur dan tangan anda tidak kesakitan karena panas.