Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Saturday, February 28, 2015

Resep Tongseng Kambing Sedap

Resep Tongseng Kambing. Kalau udah masuk lebaran idul adha nih, biasanya paling ribet cari resep – resep. Ada daging sapi dan daging kambing. Enaknya buat apaan nih? Daging sapi paling kalau nggak buat rending ya buat baso. Kalau daging kambing paling kalau nggak di sate ya di gule. Ah masa tiap tahun menu nya itu – itu aja sih. Apa nggak pengen menu baru?

Kebetulan lebaran idul adha kali ini saya mampir ke rumah teman di Jakarta, keluarganya asli betawi. Seperti biasa, dimeja ada sate kambing, gule, dan beberapa menu lainnya. Namun ada satu menu yang membuat saya penasaran, katanya sih namanya tongseng. Haha pertama kali dengar, namanya sedikit aneh. Karena terbuat dari daging kambing, jadilah nama panjangnya yaitu tongseng kambing. Kuahnya gurih, dagingnya empuk. Pokoknya recommended banget lah bagi anda penggila daging kambing. Hehe

Berhubung saya menganut konsep kuliner nggak harus beli, maka saya berikan kepada anda resep tongseng kambing ini. Langsung saja untuk bahan – bahannya.

    Resep Tongseng Kambing
  • Daging kambing yang harus anda potong dadu – dadu.
  • 2000 ml air.
  • Garam secukupnya.
  • Gula pasir sekitar 2 sdt.
  • ½ liter santan cair.
  • Sedikit merica bubuk.
  • Serai sebanyak 2 tangkai.
  • Daun jeruk 6 lembar saja.
  • Kecap manis sesuai selera.
  • 3 ruas kunyit.
  • 2 ruas jahe yang dicincang – cincang.
  • Lenkuas 2 ruas jari.
  • Tomat sebanyak 2 buah saja cukup.
  • Cabe rawit sesuai selera anda.
  • Daun kol (kubis).
Beberapa bumbu yang dihaluskan juga diperlukan untuk memasak tongseng kambing.
  • Bawang merah sebanyak 10 butir.
  • 7 siung bawang putih.
  • Cabai merah.
  • ½ sdt jinten.
  • Kemiri 5 butir utuh.
  • Ketumbar sekitar 1 sdm.
Proses membuat tongseng kambing adalah sebagai berikut :
  1. Bumbu halus yang telah kita buat sebelumnya harus kita tumis sampai harum, dan ketika bumbu tersebut sudah tercium harum, barulah kita bisa memasukkan jahe, daun jeruk, lengkuas, serai, dan terakhir adalah kunyit.
  2. Masak hingga semua benar – benar matang karena bumbu yang matang akan membantu masakan tidak cepat basi. Setelah itu masukkan daging kambing ke dalamnya untuk di oseng hingga daging berubah warna. Tips agar daging menjadi lunak adalah merendamnya di parutan buah nanas sebelum di masak.
  3. Setelah daging mulai berubah warna, tambahkan air, santan, dan kecap manis. Tunggulah hingga daging benar – benar matang dan empuk hingga kuahnya sampai sedikit berkurang sembari menunggu bumbu semakin meresap. Jangan lupa untuk mengaduknya sesekali.
  4. Setelah daging empuk, sebelum diangkat tambahkan gula, garam, merica, tomat, daun kol (kubis). Masak sebentar saja agar kol tidak terlalu lembek dan hancur. Kol yang setengah matang akan lebih nikmat.
Resep Tongseng Kambing. Sudah siap, tinggal hidangkan nasi disampingnya, dan santapan tradisional tongseng kambing siap untuk dihabiskan.