Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Monday, February 23, 2015

Resep Bakso Ikan Tuna

Resep Bakso Ikan. Bukan menjadi rahasia lagi kalau kebanyakan kaum adam (entah itu ayah, anak, suami, teman) anda pasti punya hobi memancing ikan, terlebih ketika berpergian ke laut. Namun sering kali kita bingung, mau dimasak apa ya hasil pancingan ikan tersebut? Masa ikan bakar lagi? Masa pepes ikan lagi? Masa sarden lagi? Bosen kan? Mari kita memutar otak, enaknya dibuat apa ya hasil pancingan ikan tersebut.

Kalau dibuat baso gimana? Tapi kan biasanya baso itu dari daging sapi atau daging ayam. Nggak perlu banyak heran lagi, bisa kok ikan dibuat baso. Justru baik untuk anak kecil karena didalam ikan mengandung banyak omega yang baik untuk pertumbuhan otak dan tubuh anak kecil. Bentuknya yang bulat juga baik untuk menarik perhatian karena bisa ditusuk seperti sate, atau dibuat bulat besar yang ditaruh di mangkok sehingga menyerupai bunga.

Lumayan sedikit kok bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat baso ikan.

    Resep Bakso Ikan
  • Ikan tengiri sebanyak 300 gram. Sebenarnya bisa menggunakan ikan selain tengiri seperti ikan tuna dan sejenisnya, namun untuk baso ikan, lebih enak menggunakan ikan tengiri, kandungan omega pada ikan tengiri pun lebih tinggi jika dibanding ikan – ikan lainnya. Jangan lupa untuk menggilingnya.
  • Iris halus 1 tangkai daun bawang.
  • Kita siapkan juga kaldu ayam bubuk sebayak ½ sdt.
  • 30 gram tepung sagu.
  • Ambil satu butir telur, sisihkan putih telurnya saja.
  • ½ gelas air es.
  • Garam secukupnya kira – kira ½ sdt saja.
Resep Bakso ikan rasanya kurang lengkap jika tanpa kuah kan, mari membuat kuahnya juga menggunakan bahan – bahan sebagai berikut :
  • 1.5 liter kaldu ayam untuk membuat kuah.
  • Merica bubuk sedikit saja sekedar ada rasa rempah pedasnya merica, anda bisa menuangkannya sekitar ¼ sdt saja.
  • 1 batang daun seledri yang diikat.
  • Sekitar 2 sdt garam dapur.
Nah sekarang, bagaimana cara membuatnya? Ikuti langkah – langkah berikut ini :
  1. Untuk membuat baso, campurkan ikan tengiri yang telah kita giling tadi bersama dengankaldu ayam buuk, putih telur, beserta garam. Kemudian aduk hingga rata. Tips mengaduk, lebih baik menggunakan tangan agar tercampur rata.
  2. Kita bisa mulai memasukkan air es sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan mikser sampai adonan terlihat sedikit mengkilap karena air es, kemudian bisa kita tambahkan tepung sagu dan daun bawang, kembali kita aduk lagi.
  3. Bentuk bola – bola baso menggunakan sendok dan tangan, masukkan kedalam air es satu demi satu bulatan yang telah kita buat sembari mendidihkan air.
  4. Saring bola – bola baso dan masukkan ke air mendidih. Tunggu hingga baso terapung. Jika baso sudah terapung, maka bisa kita tiriskan.
  5. Untuk membuat kuah baso, rebuslah bahan – bahan kuah yang telah kita siapkan, tunggu sampai mendidih.
  6. Baso akan terasa lebih enak jika kita taburkan bawang goreng di atasnya.
Naah, jadi kan baso ikannya

iklan