Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Wednesday, January 21, 2015

Resep Nasi Goreng Oriental

Resep nasi goreng oriental. Denger kata nasi goreng di malam hari bisa buat perut bunyi. Suhu yang cukup dingin, karena sekarang musimnya musim penghujan, akan terasa hangat kalau ada yang buatin nasi goreng. Emang nasi goreng paling lezat kalau disantap pas suasana kayak gini. Tapi sayangnya kamu harus buat sendiri, kan gak ada tuh nasi goreng yang jualan keliling, paling adanya nasi goreng kaki lima yang mangkal di trotoar.

Tenang aja ya, nasi goreng buatanmu bakalan enak kalau ngikutin resep ini. Dijamin lengkap banget bumbu-bumbunya. Jadi, persiapkan dulu semuanya sebelum mempraktekkan. Mungkin beberapa bahan yang jarang ada di dapur; udang, kaldu ayam bubuk, kecap ikan, sama ayam fillet. Ayam fillet adalah potongan daging ayam yang tak ada tulangnya sama sekali, biasanya sih diambil dari bagian dada. Bisa saja diambil dari bagian lainnya, namun tak sebanyak bagian dada.

Selain ayam, udang kecil juga gak boleh ketingalan untuk melengkapi kelezatannya. Tapi jika kamu alergi sama udang, gak pakai juga gak papa. Sebagain orang memang bisa pusing atau gatal-gatal jika mengkonsumsi udang, walaupun itu sedikit.

Bahan dan bumbu resep nasi goreng oriental:

    Resep Nasi Goreng Oriental
  • 500 g nasi putih (nasi yang telah dingin dan tidak terlalu lembek. Karena jika terlalu lembek akan mudah lengket saat dimasak, dan hasilnya pun gak terlalu bagus)
  • 50 g udang kecil segar (kupas kepalanya)
  • 2 syung bwg putih (cincang kasar)
  • 1 butir telor ayam kampong (kocok)
  • 3 syung bwg merah (cincang kasar)
  • 0,5 sd. teh garam
  • 100 g ayam fillet (potong jadi kecil2)
  • 0,5 sd. teh kaldu bubuk rasa ayam
  • 1 sd. mkn minyak goreng (buat numis)
  • 1 batng daun bawang (iris-iris)
  • 1 sd. mkn kecap ikan
  • 1 sd. teh lada bubuk

Cara membuat nasi goreng oriental:
  1. Pertama2, bawang merah dan putih ditumis dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan. Kemudian tumisan disisihkan di pinggiran wajan.
  2. Masukkan telur ayam, aduklah sampe berbutir.
  3. Masukkan udang dan daging ayam, masak sampai warna udan dan daging berubah.
  4. Tuangkan kecap ikan, lada bubuk, nasi putih, garam, serta kaldu ayam dan daun bawangnya.
  5. Goreng sampai matang.

Resep nasi goreng oriental akan lebih lengkap bila disajikan dengan kerupuk udang, dan lalapan seperti irisan kol dan mentimun. Mentimun ini bisa untuk mengurangi minyak pada kerongkongan. Lebih bagusnya lagi, minumnya jeruk nipis hangat.