Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Friday, January 2, 2015

Resep Donat Dunking Lezat

Resep Donat Dunking - Ulang tahun identik dengan kue tart sebagai salah satu kejutan yang bisa dipersembahkan selain balon, topi, dan hadiah – hadiah. Kue tart yang umumnya satu roti besar berbalut cream dan hiasan – hiasan serta ucapan terkadang membuat suasana menjadi biasa – biasa saja karena hal yang demikian sudah sering terjadi dan kita lihat. Bicara masalah kue yang dijadikan salah satu kejutan tersebut, apakah anda sudah sempat memikirkan agar kue tart tidak monotone (bentuk dan rasanya itu – itu aja) ? kalau belum sempat terfikir, bagaimana dengan donat? Kok donat? Jangan salah, donat juga bisa dijadikan menu pengganti dari kue tart, mulai dari satu donat berukuran besar, atau bahkan donat yang ditumpuk – tumpuk dan diberi hiasan di atasnya. Apalagi donat dunkin, siapa sih yang nggak pengen? Ya walaupun mahal sih hehehe

Kalau anda sudah pernah membuat donat tapi rasanya masih begitu – begitu saja, masih keras, atau bahkan tak mau mengembang, sedangkan anda ingin menyajikan donat kelas dunkin, jangat putus asa dulu. Mari cocokkan resep anda dengan resep dibawah ini.

Anda memerlukan bahan – bahan dibawah ini untuk membuat donut dunkin ala chef (nama anda sendiri – sendiri pastinya :D ) :

    Resep Donat Dunking
  • Siapkan tepung terigu sebanyak 600 gram.
  • 1 ons mentega yang dilarutkan.
  • Susu bubuk full cream sekitar 80 gram.
  • Air hangat 1 gelas.
  • Ragi instan sebanyak 80 gram.
  • Kocok 4 telur ayam (gunakan kuning nya saja, sisihkan yang putih).
  • ½ sdt garam.
  • 75 gram gula pasir halus
Bagaimana? Apakah bahan – bahan yang anda gunakan selama ini sama? Kalau sudah sama, bagaimana dengan proses pembuatannya? Sudahkah seperti ini?
  1. Tuangkan tepung, susu bubuk full cream, ragi, garam halus, serta gula pasir kedalam suatu wadah dan aduk – aduk hingga semua tercampur menjadi satu.
  2. Tambahkan kocokan kuning telur, dan jangan lupa sambil tetap mengaduknya.
  3. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi elastis.
  4. Nah setelah itu kita bisa menambahkan mentega, kemudian mengaduknya hingga rata menggunakan tangan (diuleni).
  5. Jika adonan benar – benar menjadi elastis, jadikan adonan menjadi bulatan besar dan diamkan selama setengah jam.
  6. Selama didiamkan setengah jam, adonan akan mengembang, setelah proses pendiaman itu selesai, kita bisa menimbangnya masing – masing 30 gram, tujuannya agar besar donat sama.
  7. Tibalah saatnya untuk melubangi bagian tengah tiap adonan hingga bentuknya benar – benar menyerupai donat. Anda bisa menggunakan jari, botol, atau alat lainnya yang biasa anda gunakan.
  8. Diamkan adonan dalam bentuk tersebut selama 15 menit.
  9. Panaskan minyak di wajan dengan api sedang.
  10. Terakhir, goreng bulat – bulat donat yang sudah kita bentuk tadi sampai matang. Untuk mengetahui apakah donat benar – benar sudah matang, biasanya donat akan mengapung. Sedangkan untuk tingkat warna, tergantung selera masing – masing.
Gimana resep donat dunking ini? Namun donat tidaklah menarik tanpa hiasan di atasnya mulai dari butter cream, keju, mesis, selai, buah, coklat hingga topping lainnya. Untuk membuat butter cream sendiri tidak terlalu sulit cukup siapkan bahannya dengan perbandingan  1 ons margarin dan 2 sdt gula bubuk, kocok keduanya menggunakan mixer. Tunggu apa lagi? uji kreasi anda sekarang juga.