Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Friday, December 19, 2014

Resep Sayur Sop Brokoli Kol Wortel

Masakan berkuah yang satu ini memang tak layak untuk disepelekan. Sehat untuk dikonsumsi, warna yang menarik, dan segar kuahnya. Sayur mayur yang berwarna warni penuh cita rasa menjadikannya semakin menarik dan cantik. Para vitamin berkumpul jadi satu untuk menjadi imun, menyehatkan mata, mengandung protein tinggi, serta beberapa fungsi lainnya. Sampai sekarang, hanya masakan inilah yang sanggup menjadi pendamping serasi si perkedel kentang. Hehe

Tau kan cerita panjang di atas lagi gosipin siapa? Pastinya si sayur sop yang tak pernah membuat bosan. Apa lagi dinikmati waktu hujan – hujan gini, mantap sekali bukan? Jadi pengen buat nih. Cuaca lagi mendukung, apalagi tadi habis dari pasar, kulkas masih penuh. Tahukah anda bagaimana cara membuat sayur sop yang pas dilidah dan menyangkut di hati? Saya punya resep sayur sop yang begitu menggoda untuk di nikmati.

Bahan pertama adalah bahan untuk membuat sayur sop, apa saja bahan – bahannya? Bahan yang dibutuhkan meliputi :

    Resep Sayur Sop
  • Wortel, kupas dan cuci bersih buah wortel kemudian potong – potong sesuai selera anda.
  • Sama dengan wortel, siapkan bunga kol dan brokoli yang banyaknya menyesuaikan.
  • Selain tiga sayuran diatas, anda juga boleh menambahkan kacang kapri.
  • Daun seledri 2 tangkai saja.
  • Siapkan daun bawang yang telah di cuci dan di potong sesuai selera, cukup 1 batang saja.
  • Taburan berupa bawang merah goreng.
  • Dan yang terakhir adalah air mineral untuk kuahnya.
Bahan selanjutnya yang diperlukan adalah bahan untuk membuat bumbu sayur sop.
  • Geprek 3 siung bawang putih.
  • Merica bubuk, cukup 1 sdt saja atau sesuai selera.
  • Penyedap rasa secukupnya.
  • Garam
Jika anda tidak ingin ribet mempersiapkan bumbu sayur sop, anda bisa menggunakan bumbu – bumbu instan yang kini telah terjual bebas di pasaran. Walau bumbunya berbeda, namun proses memasaknya tetap sama.
  1. Langkah awal yang kita ambil adalah memanaskan air hingga mendidih sebagai kuahnya.
  2. Tak semua sayur dimasukkan secara serentak karena setiap sayur memiliki tekstur dan tingkat kematangan yang berbeda. Untuk itu, lebih baik kelompok sayur yang dimasukkan pertama adalah wortel, brokoli, dan bunga kol. Biarkan mereka masak hingga ¾ matang.
  3. Setelah itu, anda bisa memasukkan sayuran yang selanjutnya yaitu kacang kapri karena kacang kapri membutuhkan waktu yang sedikit untuk mematangkan dirinya.
  4. Selain kacang kapri, masukkan juga daun bawang dan seledri.
  5. Tambahkan bumbu dan aduk rata. Diamkan beberapa saat, kemudian matikan api. Setelah agak dingin taburkan bawang goreng. Jangan masukkan bawang goreng ketika sop dalam keadaan panas karena kuah akan menjadi merah. Jangan menutup panci juga ketika bawang baru di masukkan.
  6. Jika anda ingin menambahkan ayam, sebelum dimasukkan sayuran, masak dulu ayam hingga setengah matang. Jika anda ingin menambahkan macroni, ketika sop matang baru macroni dimasukkan lalu api dimatikan. Macroni akan matang dengan sendirinya melalui panasnya kuah
Itu lah pembuatan sop yang bisa anda praktikan secara langsung karena bahan yang didapat mudah, sekaligus cara pembuatannya yang tak memakan waktu lama.

iklan