Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Thursday, November 6, 2014

Resep Pastel Isi Abon Gurih Renyah

Resep Pastel Isi Abon - Sore hari sepertinya menjadi moment yang pas untuk keluarga anda berkumpul. Yang kerja sudah pulang, begitupun yang sekolah. Sambil bercanda di ruang keluarga ditemani televise, apa salahnya jika anda menghadirkan sedikit cemilan ringan dan minuman segar. Jika yang manis – manis sudah terasa membosankan, cobalah untuk membuat yang gurih dan renyah.

Berbicara tentang yang gurih dan renyah. Sepertinya saya punya satu resep menarik untuk anda. Pastel abon.  iya, sepertinya menu ini cocok untuk menemani moment berkumpul keluarga anda. Renyahnya kulit pastel diimbangi dengan manis dan gurihnya abon sebagai isian. Tunggu apa lagi? Jangan hanya membaca, mari membuat.

Untuk membuat pastel abon nggak susah kok. Ada beberapa bahan yang harus anda siapkan sebelumnya :

  • Siapkan 1 butir telur ayam.
    Resep Pastel Abon
  • Air mineral secukupnya saja, hanya untuk membuat adonan kulit pastel menjadi lentur.
  • ¼ kg tepung terigu.
  • Siapkan juga margarin sebanyak 50 gram.
  • Bila anda biasa menggunakan penyedap rasa untuk memasak, bisa anda tambahkan secukupnya saja.
  • Kita juga memerlukan garam dapur secukupnya. Sekitar ¼ sdt saja sudah cukup.
  • Isian abon, anda bisa menggunakan abon sapi ataupun abon ayam. Namun untuk rasa yang lebih menendang, lebih baik menggunakan abon sapi saja. Pilih abon sapi dengan kualitas bagus agar menciptakan paduan rasa yang benar – benar pas.
Resep Pastel Isi Abon - Kalau bahan – bahan yang diperlukan sudah tersedia, kita bisa mulai membuat pastel abon. Cara mudah membuat pastel abon :
  1. Siapkan tepung terigu dan garam, masukkan ke dalam wadah yang cukup besar untuk membuat adonan. Campurkan kedua bahan tersebut sampai rata.
  2. Ketika dua bahan tersebut sudah tercampur rata, anda bisa memecah telur yang telah disiapkan tadi, dan masukkan kedalam campuran tepung dan garam. Dan jangan lupa untuk kembali mengaduknya sampai rata.
  3. Sembari mengaduk, mulai panaskan margarin sampai mencair. Masukkan sedikit demi sedikit margarin ke dalam adonan , aduk perlahan agar semua terlihat tercampur rata.
  4. Jangan berhenti mengaduknya, mulai masukkan air mineral. Mengaduk menggunakan tangan akan lebih baik. Pastikan adonan yang anda buat jangan sampai lembek. Jika terlalu lembek anda bisa menambahkan tepung untuk mempeloleh tingkat kelenturan adonan yang pas.
  5. Selanjutnya adalah proses menipiskan adonan untuk membuat kulit pastel. Anda bisa menggunakan alat khusus ataupun melakukannya dengan cara manual, yaitu menggunakan botol kaca yang di guling di atas adonan.
  6. Kalau adonan sudah tipis, cetak adonan menjadi bentuk lingkaran. Biasanya pastel abon lebih unik dan lucu dengan bentuk yang kecil, jadi buatlah lingkaran yang berdiameter sekitar 5 - 7 cm saja atau tergantung selera masing – masing.
  7. Ambil abon secukupnya dan taruh di adonan lingkaran yang telah kita buat tadi. Lipat lah menjadi dua hingga tepi ketemu tepi kemudian beri hiasan lipatan dipinggirnya  agar abon terkunci didalam adonan kulit.
  8. Siapkan Loyang yang ditabuti tepung. Letakkan pastel yang kita buat diatas Loyang tersebut sambil mulai panaskan minyak yang lumayan banyak, sekiranya pastel bisa terendam menggunakan api sedang.
  9. Masukkan pastel kedalam minyak yang sudah panas. Ketika pastel sudah didalam wajan, siram – siram pastel tersebut menggunakan minyak agar pastel bisa mengembung. Terus awasi pastel anda hingga warnanya menjadi kuning kecoklatan.
Pastel sudah siap. Gimana? Resep Pastel Isi Abon ini Nggak susah kan? Jangan langsung masukkan pastel yang panas kedalam toples ya, tunggu hingga pastel dingin dulu.