Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Monday, November 3, 2014

Resep Membuat Pancake Manis dan Sederhana

Resep Pancake - Pagi – pagi harus nyiapin sarapan buat anak dan suami. Mau dimasakin nasi goreng udah bosen, mau dibuatin roti sama susu udah enek, kalau dikasih buah aja takut masih laper. Ah semua kayak biasa – biasa aja ya. Apa ya menu lain yang bias digunakan sebagai sarapan? Pengen deh sekali – sekali sarapan bareng – bareng menggunakan menu yang katanya ‘elegan’ hehe. Apa salahnya membuat menu sarapan yang elegan seperti di film – film luar negeri gitu. Pancake dengan beragam topping ditemani dengan the hangat atau jus jeruk, hhmmm yummy.

Pancake apa sih?  Pancake bentuknya cenderung seperti dadar, tapi lebih tebal. Bahan bakunya juga bukan berasal dari telur, melainkan tepung. Rasanya manis apalagi dengan varian topping yang bisa kita berikan diatasnya. Susah kah? Jawabannya cukup 1 kata, “tidak”.

Resep Pancake - Untuk membuat pancake anda memerlukan bahan – bahan seperti :

  • 2 ons tepung terigu yang berprotein (contohnya : segi tiga biru, cakra)
    Resep Pancake Sederhana
  • Baking powder kira – kira ½ sdm saja.
  • 1 gelas susu cair.
  • Garam sedikit saja (kira – kira ¼ sdt).
  • Mentega yang dilelehkan sekitar 25 gram.
  • 2 sdt gula pasir.
  • Kocok 2 butir telur.
  • Siapkan juga wajan datar / pan / Teflon yang anti lengket.
Resep Pancake - Sedikit dan mudah kan bahan – bahan untuk membuatnya. Sekarang coba perhatikan langkah – langkah membuatnya :
  1. Langkah awal yang bisa kita lakukan adalah mencampurkan baking powder, garam, gula, dan tepung terigu, kemudian aduk rata hingga semuanya menyatu.
  2. Anda bisa mulai memasukkan campuran telur yang telah dikocok dan susu cair. Aduk perlahan kembali hingga adonan tercampur rata dan menjadi lembut. Anda bisa mengaduknya menggunakan tangan ataupun mixer.
  3. Setelah itu masukkan mentega cair dan aduk kembali. Jangan langsung dimasak, biarkan dulu adonan selama kurang lebih 5 menit.
  4. Jika anda menginginkan pancake yang lebih mengembang dan super tebal, tambahkan 1 sdt baking powder dan diamkan adonan selama 15 menit.
  5. Aduk kembali adonan saat akan dimasak hingga gelembung – gelembung kecil yang ada di adonan menghilang sembari mulai memanaskan pan dengan api sedang.
  6. Tuangkan sekitar 1 – 2 sendok sayur adonan pancake kedalam pan anti lengket. Tunggu sekitar 3 menit hingga pancake terlihat telah mengembang atau intip bagian bawah, apakah sudah berwarna kecoklatan? Jika sudah, baliklah pancake dan lakukan hal yang sama pada sisi satunya.
  7. Bila anda menginginkan pancake yang lebih tebal, anda bisa menuangkan lebih banyak adonan. Tapi ingat, jangan sampai setebal kue terang bulan (martabak manis) ya, hehe. Dan satu tips lagi untuk anda, memasak pancake cukup dibalik sekali saja.
Pancake sudah siap. Sajikan dengan topping madu untuk kebugaran anda, atau coklat, keju, serta buah – buahan. Jangan lewatkan sarapan pagi keluarga anda, awali harinya dengan sesuatu yang manis dan penuh manfaat.