Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Thursday, October 30, 2014

Resep Masakan Semur Tahu Tempe

Resep Semur Tahu Tempe - Di dunia ini, kita telah tahu ada makhuk hidup omnivore, carnivore, dan herbivore. Tak hanya dirujukkan pada dunia fauna saja. Di kehidupan kita sebagai manusia pun hal itu ternyata berlaku lo. Semisal nih orang eskimo yang selalu makan daging karena untuk mempertahankan panas badannya di lingkungan yang dingin, ada juga mereka – mereka yang tidak bisa mengkonsumsi daging yang lebih dikenal sebagai vegetarian. Banyak orang mengira sebagai vegetarian itu susah pake banget, karena menu makanannya pasti terasa hambar. Mungkin anda jadi bertanya, kenapa sih kok jadi vegerarian? Kalau itu sih saya nggak tau jawabnannya, hehe. Tapi kalau anda bertanya : bisa nggak vegetarian makan enak? Saya punya jawabannya, saya punya resepnya.

Resep semur tahu tempe mungkin bisa jadi alternative makanan bagi para vegetarian. Protein dari tahu dan tempe dipadukan dengan olahan rempah yang pas, warna yang menarik, tak hanya bisa dinikmati para vegetarian, semur tahu tempe juga bisa dinikmati anak – anak untuk melengkapi proteinnya, lansia yang makannya harus empuk, dan berbagai kalangan lainnya.

Penasaran dengan rasanya? Saya kasih resepnya untuk anda gratis. Hehe. Bahan – bahan yang anda perlukan adalah :

  • tahu yang dipotong sesuai selera anda.
    Resep Semur Tahu Tempe
  • Potong – potong tempe.
  • Sangria 5 butir kemiri.
  • Bawang putih sebanyak 3 siung.
  • 6 butir bawang merah.
  • Daun salam sebanyak 2 lembar.
  • Memarkan 2 batang serai.
  • Minyak untuk menumis.
  • Memarkan jahe sekitar 1 cm.
  • 1 cm lengkuas yang juga dimemarkan.
  • 1.5 liter air.
  • Sedikit saja pala bubuk.
  • Potong- potong tomat 1 buah saja.
  • 1 sdm garam, atau sesuai selera.
  • Kecap manis sekitar 7-8 sendok.
Iya sih bahannya lumayan banyak. Tapi membuatnya sangat sederhana sekali. Coba ikuti langkah – langkah pembuatannya seperti dibawah ini :
  1. Seperti halnya memasak biasanya, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memanaskan minyak untuk menumis bumbu. bumbu yang anda haluskan meliputi : kemiri, bawang merah, dan bawang putih. Setelah dihaluskan, tumislah bumbu halus bersama dengan daun salam, lengkuas, dan serai. Tunggu hingga harum sambil terus di oseng. Tambahkan tomat, dan biarkan hingga tomat menjadi layu. Setelah itu anda bisa mulai memasukkan tahu dan tempe yang sudah dipotong – potong sebelumnya.
  2. Biarkan beberapa saat, setelah itu masukkan kecap, garam, dan pala bubuk. Aduk hingga rata.
  3. Langkah terakhir, masukkan air untuk dijadikan kuah. Tutup semur biarkan beberapa saat agar bumbu semakin meresap.
Selesai. Gampang sekali Resep Semur Tahu Tempe ini bukan? Selain tahu tempe, anda bisa memasukkan telur sebagai pelengkap hidangan semur anda.