Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Tuesday, October 28, 2014

Resep Sate Ayam Madura Yang Terkenal

Resep sate ayam madura - Daging ayam yang di iris kecil – kecil kemudian ditusuk dan dibakar hingga kering, kemudian diberi bumbu kacang dengan topping irisan bawang merah diatasnya. Bisa ditebak makanan apa itu ? . benar, makanan tersebut namanya adalah sate. Karena begitu kreatifnya orang Indonesia dalam memasak, bahkan satu nama makanan yaitu sate, bisa menjadi bervariasi dengan banyak nama daerah. Ada sate padang, sate Madura, sate ponorogo, dan sate – sate lain dengan daerah lain. Adakah perbedaannya ? jelas ada. Namun kali ini saya akan memperkenalkan anda kepada sate ayam Madura terlebih dahulu. Kenapa kok saya memilih sate ayam Madura? Jawabannya simple sih, karena yang paling dekat dengan tempat tinggal saya adalah sate ayam Madura, hehehe.

Langsung aja deh ya resepnya, keburu laper kan? Yuk siapin dulu bahannya.

  • ¼ kg daging ayam. Potong dadu, besarnya terserah anda sih, tapi saran saya jangan terlalu besar agar menciptakan daging sate yang kering diluar dan matang didalam. Kemudian tusuklah daging menggunakan tusuk sate.
  • Irislah 1 buah jeruk nipis.
  • Kecap manis.
  • 3 butir bawang merah yang di iris tipis – tipis sebagai bahan tabor di atasnya.
Ciri khas dari resep sate ayam madura adalah bumbu kacangnya. Sate dari masing – masing daerah memiliki ciri khas masing – masing termasuk dari bumbunya. Untuk membuat bumbu sate ayam khas Madura dibutuhkan :
  • 4 sdt minyak goring.
    Resep Sate Ayam Madura
  • ½ gelas air kaldu.
  • 4 butir bawang merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • Siapkan garam secukupnya.
  • 2 butir kemiri.
  • 1 ons kacang tanah yang di goring sebelumnya.
Bahan sudah siap. Ok saatnya bakar – bakar nih.
  1. Hal yang pertama harus anda lakukan adalah membuat bumbu kacangnya. Haluskan bumbu – bumbu yang telah kita siapkan tadi seperti : bawang putih, bawang merah, kacang tanah, garam, dan kemiri. Sembari menghaluskan, panaskan minyak dan oseng bumbu yang telah dihaluskan tadi. Setelah tercium harum, masukkan air kaldu dan tunggu hingga bumbu kacang mengental. Jangan lupa sambil di aduk ya biar tidak gosong.
  2. Kedua adalah proses bakar – bakar sate. Caranya : ambil 2 sendok bumbu kacang yang telah kita buat tadi, campurkan dengan 2 sendok kecap manis dalam satu piring. Ambil tusukan daging sate dan celupkan sate kedalam bumbu kecap tersebut. Bakar hingga setengah matang saja, kemudian celupkan kembali pada bumbu dan bakar lagi. Hal ini akan membuat bumbu terasa benar – benar meresap pada sate. Jangan lupa untuk membolak – balik sate saat dibakar ya agar matangnya bagus dan tidak gosong sebelah, hehe.
Sate telah siap untuk dinikmati, tapi sate Madura memiliki ciri khas lagi melalui sambal bawangnya. Cara membuat sambal bawangnya mudah. Anda hanya perlu menggoreng setengah matang 4 siung bawang putih, kemudian haluskan bersama cabai dan garam. Mudah kan mempraktekkan resep sate ayam madura nya?

iklan