Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Friday, October 10, 2014

Resep Ayam Goreng Tepung Krispy KFC

Ceritanya nih beberapa hari lalu ada daging ayam di kulkas yang belum di masak, iseng – iseng lewat depan televisi lihat iklan KFC. Hhmmm jadi ngiler lihatnya, siapa sih yang nggak tau ayam KFC, rasanya yang kriuk – kriuk apalagi disandingkan dengan nasi hangat dan dua warna saos yang berbeda plus minuman bersoda. Ah tapi mana mungkin bisa menikmati kalau faktanya rumah jauh dari KFC (Cuma bisa gigit jari hehehe). Berhubung ada faktor ngidam, kubawa ayam ke dapur dan menyiapkan resep – resep rahasianya. Seng seng seng, selang beberapa menit kemudian jadilah ayam crispy KFC buatanku. Penasaran? Tenang, saya bagi resep rahasianya untuk anda.

Untuk membuat resep ayam goreng tepung krispy KFC, cukup siapkan bahan-bahan dengan takaran sebagai berikut :

  • Kita akan membuat ayam crispy dengan menggunakan 1 ekor ayam.
  • Siapkan tepung terigu sebanyak 150 gram.
  • Kocok juga 1 butir putih telur hingga terlihat encer seperti air.
  • Jangan lupa untuk memasukkan garam secukupnya, lada putih bubuk sebanyak ½ sdt, juga cabe bubuk sesuai selera (jika ingin ayam crispy anda mengandung rasa pedas).
Selain bahan pokok di atas, anda juga harus menyiapkan bumbu untuk lumuran ayam agar ayam lebih terasa sedap dagingnya, bumbu lumurannya cukup sederhana, anda hanya perlu menyiapkan :
  • 6 siung bawang putih yang harus dihaluskan.
    Resep Ayam Goreng Tepung Crispy
  • Jahe sekitar 2cm.
  • Tambahkan lada dan garam secukupnya saja.
Setelah bahan pokok dan bumbu lumuran telah siap, saatnya beraksi membuat ayam crispy KFC. Nggak sulit kok, ini dia langkah – langkah pembuatannya :
  1. Yang jelas potong-potong dulu ayam 1 ekor tadi (nggak mungkin kan mau goreng ayam utuh 1 ekor, hehehe). Setelah ayam di potong-potong, barulah potongan ayam tersebut dilumuri dengan bumbu lumuran yang kita siapkan sebelumnya.
  2. Ketika ayam sudah dilumuri bumbu, lebih baik disimpan didalam freezer selama kurang lebih 30 menit (ayam yang dingin akan membuatnya semakin renyah dan mempunyai tekstur yang lebih baik ketika di goreng).
  3. Sembari menunggu, siapkan tepung yang dipadukan dengan garam, lada, dan cabai bubuk.
  4. Dan sekitar 30 menit telah berlalu, keluarkan ayam dari freezer, masukkan kedalam tepung yang telah kita campur dengan bumbu-bumbu, angkat ayam dari tepung dan gulingkan ayam tepung ke kocokan putih telur, setelah dari putih telur, kembalikan lagi ayam ke adonan tepung sambil ditekan-tekan agar tepung semakin menempel ke ayam.
  5. Masukkan ayam tepung ke kulkas lagi hingga tepung hampir terlihat menyatu dengan ayam, mungkin membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit.
  6. Ayam tepung siap untuk digoreng, tips untuk menggoreng ayam biar crispy adalah ayam terendam sepenuhnya dengan minyak.
Dah, gampang kan buat resep ayam goreng tepung krispy KFC kan? Nggak harus Cuma gigit jari aja, saatnya gigit ayam KFC buatan sendiri :D