Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Friday, September 26, 2014

Resep Semur Daging Sapi Gurih Manis

Semua pasti mengenal akan kemegahan kota Jakarta, karena Jakarta sendiri merupakan kota metropolitan sekaligus ibukota bagi Negara Indonesia kita tersayang. Jika berbicara mengenai Jakarta, pastinya tak bisa lepas dari budaya Betawi. Mengingat Betawi sendiri merupakan salah satu budaya asli yang dimiliki kota Jakarta. Betawi sendiri juga dikenal akan lenongnya, bahasa ataupun kuliner nya. Jika berbicara mengenai kuliner, tentunya semur daging ini adalah salah satu kuliner khas Betawi yang memiliki campuran 2 rasa, yaitu manis dan pedas.

Di Betawi sendiri, semur daging biasanya dihidangkan untuk acara hajatan ataupun pada saat hari raya. Karena semur daging ini berbahan dasar daging sapi, anda tidak perlu khawatir kalau nantinya daging tersebut ada disela - sela gigi anda, karena pada semur daging ini, tekstur daging akan diolah sehingga menjadi empuk. Anda juga tidak perlu khawatir kalau kandungan gizi di dalam daging nanti akan hilang, karena di olah menjadi apapun, kandungan gizi dalam daging tidak akan terkurangi. Jadi tidak diragukan lagi kalau makanan yang satu ini merupakan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi bagi badan kita.

Dalam daging sendiri mengandung protein hewani, zinc, vit B kompleks, omega 3, selenium, sampai zat besi. Kandungan gizi tersebut sangatlah penting bagi badan kita, seperti protein hewani yang berfungsi sebagai regenerasi sel, serta memacu kerja enzim, hormon, ataupun sistem kekebalan badan. Sedangkan Vitamin B kompleks juga sangat dibutuhkan oleh anggota badan sebagai kelancaran metabolisme, sumber energi dan bahkan bisa meningkatkan saya konsentrasi pada otak. Lalu Omega 3 jug sangat bermanfaat bagi badan, terutama bagi para ibu - ibu hamil. Dan masih banyak lagi kelebihan daging bagi kesehatan atau pemenuhan gizi bagi badan kita. Dan bagi anda yang ingin mencoba resep semur daging ini di rumah, anda bisa mengikuti langkah - langkah di bawah ini, selamat mencoba dan selamat berkreasi :

Bahan utama :

  • 1/2 kg daging sapi
    Resep Semur Daging
  • 3 sdm minyak goreng ( untuk menumis )
  • 600 ml air yang sudah masak
  • Bawang goreng
Bahan bumbu :
  • Kecap manis, secukupnya
  • 10 siung, bawang merah
  • 5 siung, bawang putih
  • 1/2 biji, pala
  • 1 sdt lada atau merica butiran
  • Garam / penyedap rasa, secukupnya
Cara pembuatan :
  1. Potong daging dengan bentuk sesuai selera anda,  lalu cuci hingga bersih, tiriskan terlebih dahulu.
  2. Lalu haluskan dahulu bumbunya seperti pala, bawang putih, bawang merah, garam, serta lada sampai halus.
  3. Setelah itu panaskan minyak terlebih dahulu dan tumis bumbu halus hingga keluar aroma harum. Lalu segera masukan potongan - potongan daging sapi tadi dan aduk - aduk sampai merata.
  4. Masukan air matang, penyedap rasa, dan kecap manis. Aduk - aduk sampai mendidih dan daging menjadi benar - benar empuk. Jika daging masih belum empuk namun air berkurang, tambahkan sedikit demi sedikit.
  5. Setelah daging terlihat empuk, dan kadar air berkurang, semur daging buatan anda siap di hidangkan. Berikan taburan bawang goreng saat penyajian.

iklan