Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Monday, September 29, 2014

Resep Membuat Kue Pukis Sederhana

Kue Pukis merupakan salah satu dari jajanan pasar yang memiliki rasa yang enak dan lezat. Dan pada kali ini, kami akan mengulas mengenai resep kue pukis. Kue pukis endiri adalah salah satu jenis makanan tradisional yang ada di Indonesia. Kue tradisional ini masuk dalam kategori kue basah. Dan bagi anda yang ingin membuatnya sendiri sebagai camilan, ternyata caranya tidak terlalu sulit. Di tambah lagi, bahan - bahan untuk mengolah resep kue pukis ini juga sangat mudah didapat. Karena anda bisa mendapatkannya di pasar tradisional ataupun di supermarket.

Sedangkan untuk macamnya, pada saat ini kue pukis sudah banyak sekali macam - macam rasanya. Sperti rasa nanas, strowberi, coklat, pandan, kacang, nangka, pisang, kismis, keju, jagung dan masih banyak sekali macam variasi rasanya. Namun untuk resep kue pukis kali ini, anda bisa menyesuaikan sendiri variasi rasa sesuai dengan selera anda. Berikut adalah langkah - langkahnya.

Bahan

  • Santan ( 180 ml )
    Resep Kue Pukis
  • Ragi instant ( 1/2 sdm )
  • Air hangat ( 60 ml )
  • Gula pasir ( 100 gr )
  • Telur ayam ( 3 btr )
  • Tepung terigu ( 150 gr )
Cara pembuatannya :
  1. Rebus terlebih dahulu santan sampai mendidih, selama prose merebus terus aduk agar tidak pecah, angkat lalu diamkan hingga dingin.
  2. Campur ragi dan air hangat, aduk - aduk sampai mengeluarkan buih.
  3. Selanjutnya kocok telur dengan gula pasir, kocok hingga megnembang dan kental.
  4. Lalu masukan air campuran ragi tadi, dan aduk sampai merata.
  5. Tuangkan juga santan, aduk - aduk hingga rata. Setelah itu diamkan terlebih dahulu selama 15 menit.
  6. Panaskan terlebih dahulu cetakan pukis, olesi menggunakan margarin, lalu tuang adonan kedalam cetakan, dan jangan terlalu penuh.
  7. Tunggu sampai matang, ankat, dan siap disajikan.
Tips dalam mengolah resep kue pukis :
  • Mengenai variasi isi, anda bisa menaburinya dengan parutan keju, meises, kismis ataupun dengan cincangan kacang tanah yang sebelumnya suda disangrai. Taburkan pada saat permukaan kue belum terlalu mongering / setengah matang.
  • Sedangkan untuk menambahkan variasi rasa pada adonan, misalnya menggunakan rasa coklat, yaitu dengan cara menambahkan pada adonan coklat bubuk 1 sdm, pasta coklat 1sdt agar kue pukis memliki rasa dan warna coklat.
  • Untuk masalah cetakan, anda juga bisa menggunakan cetakan kue lumpu jika anda tidak memiliki cetakan pukis.
Sederhana bukan cara pembuatan kue pukis ? Memang kue pukis sendiri termasuk jajanan pasar yang sangat banyak digemari oleh banyak kalangan. Anda juga bisa menyuguhkan hidangan kue pukis ini pada acara - acara tertentu, ataupun hanya buat sekedar cemilan. Selamat mencoba.

iklan