Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Tuesday, September 30, 2014

Resep Bakwan Jagung Renyah dan Crispy

Hampir semua orang tahu dengan bakwan. Bakwan sendiri merupakan salah satu dari jenis camilan yang mungkin hampir dapat kita temui di mana saja. Dan pada umumnya bakwan terbuat dari bahan dasar jagung, jadi tak heran jika kita selalu mendengarnya sebagai bakwan jagung. Akan tetapi pada saat ini variasi dari bakwan jagung sudah banyak sekali macamnya. Variasi lain dari bakwan jagung yaitu bakwan sayur, bakwan tahu, bakwan udang dan masih ada macam - macam yang lainnya.

Banyaknya variasi dari bakwan sendiri terjadi karena masing-masing daerah di Negara yang kita banggakan ini memiliki varian serta campuran yang berbeda - beda akan tetapi tetap menggunakan nama bakwan. Bakwan juga salah satu makanan yang sangat pas bagi semua orang, baik anak - anak hingga orang tua. Tak hanya itu, bakwan juga pas disantap sebagai camilan saat berkumpul atau bisa juga digunakan untuk lauk pauk. Bagi anda yang ingin mencoba membuat bakwan, khususnya bakwan jagung, berikut adalah resep bakwan jagung yang bisa anda coba praktekkan di rumah.

Bahan yang disiapkan untuk mengolah resep bakwan jagung :

  • Jagung manis 2 buah, sisir / pisahkan dari batangnya
    Resep Bakwan Jagung
  • Telur ayam 1 btr
  • Tepung terigu 4 sdm
  • Daun bawang 1 batang, iris kasar
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Ketumbar 1/2 sdt
  • Garam, secukupnya
  • Seledri, secukupnya ( iris kasar )
  • Air secukupnya
  • Minyak, untuk menggoreng
Cara pembuatan bakwan jagung :
  1. Taruh jagung yang sudah anda sisir tadi dalam wadah, selanjutnya tambahkan juga daun seledri serta daun bawang
  2. Haluskan dahulu ketumbar, bawang putih dan bawang merah. Setelah itu campurkan bumbu yang dihaluskan tadi ke dalam wadah yang berisi sisiran jagung tadi, lalu tambahkan lagi garam secukupnya.
  3. Setelah itu masukan telur satu butir dan tepung terigu di dalam adonan ( jagung yang disisir dalam wadah ), lalu aduk terus hingga semua adonan merata. Setelah itu beri sedikit demi sedikit air sambil di aduk - aduk hingga adonan mengental atau sampai adonan bisa dengan mudah dibentuk.
  4. Panaskan minyak dalam wajan lalu bentuk adonan bakwan jagung sesuai dengan selera. Goreng sampai adonan habis. Tunggu adonan berubah warna agak kecokelatan, angkat lalu tiriskan.
  5. Bakwan jagung sudah siap disajikan dalam piring saji. Untu6k pelengkap anda bisa juga menambahkannya dengan saus sambal ataupun cabe. Bakwan jagung buatan anda sudah siap untuk disantap.
Itulah bahan - bahan serta cara - cara untuk membuat bakwan jagung. Seperti yang sudah dibahas di atas, anda juga bisa menambahkan campuran bahan lainnya di dalam adonan, seperti udang, tahu, sayur - sayuran, atau bahkan daging. Silakan mencoba.

iklan