Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Thursday, September 4, 2014

Resep Martabak Manis atau Kue Bandung

Resep martabak manis atau kue bandung merupakan resep andalan dalam membuat pancake khas Indonesia ini. Disebut martabak manis karena memang terasa manis dan menggigit di lidah. Martabak sendiri ada dua macam, yaitu martabak telur dan martabak manis. Martabak telur memiliki bentuk dan rasa yang jauh berbeda. Martabak telur memiliki rasa asin dan gurih dengan tambahan sayuran di dalamnya, sehingga juga cocok untuk dijadikan lauk pada saat menyantap nasi.

Berbeda dengan martabak telur, martabak manis memiliki tampilan seperti pancake, dan bahkan membuatnya pun mirip pancake, namun dengan varian isi yang jauh lebih beragam. Membuat martabak manis tidak terlalu sulit seperti yang kita bayangkan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan resep martabak manis khas Indonesia yang gurih dan manis
Bahan yang dibutuhkan :

  • 250gram tepung terigu
    Resep Martabak Manis
  • 10gram gula
  • ½ sdm baking powder
  • 2 sdm ragi instan
  • 350ml susu cair
  • 2 butir telur
  • Garam secukupnya
  • Bahan pelengkap :
  • Mentega
  • Coklat chip
  • Keju parut
Cara membuat :
  1. Hangatkan susu cair hingga cukup hangat, tidak perlu sampai mendidih dan matikan kompor.
  2. Masukkan gula dan ragi instan ke dalam susu dan aduk hingga rata, kemudian diamkan selama 10menit.
  3. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah yang cukup besar, masukkan garam dan baking soda kemudian aduk rata, setelah itu buatlah lubang di tengahnya.
  4. Kocok telur dengan seksama, kemudian tuangkan telur ke tengah-tengah adonan tepung tadi. Setelah itu, aduk perlahan dari tengah hingga telur terbalut dengan telur seutuhnya.
  5. Kemudian tuangkan susu hangat tadi ke dalam adonan tepung dan telur, dan aduk terus hingga merata.
  6. Setelah rata, panaskan wajan untuk pancake atau wajan datar untuk membuat martabak manis.
  7. Olesi dasar wajan dengan mentega secara merata. Setelah wajan panas, tuang adonan martabak manis seutuhnya ke dalam wajan.
  8. Kecilkan api dan tunggu lebih kurang selama lima belas menit agar martabak manis matang sempurna. Jangan lupa tutup wajan agar martabak manis bisa matang dengan baik.
  9. Setelah martabak manis matang, segera angkat dan letakkan pada tempat yang datar.
  10. Olesi permukaan martabak dengan margarin dan taburi dengan gula jika anda ingin menjadi lebih manis. Tambahkan coklat chip dan keju parut pada seluruh permukaan martabak manis.
  11. Lipat martabak manis menjadi dua, dan potong-potong sesuai selera anda.
  12. Martabak manis spesial khas Indonesia sudah siap anda coba.
Di Indonesia, para penjual martabak manis biasanya juga menjual martabak telur. Mereka bagaikan satu kesatuan yang sangat sulit untuk dipisahkan. Harga martabak manis juga sangat bermacam-macam, tergantung varian isi yang ingin digunakan oleh pelanggan. Hingga saat ini, martabak manis yang paling digemari adalah varian martabak manis yang berisi kacang dicampur cokelat dan keju. Demikian info mengenai resep martabak manis khas Indonesia, semoga bisa bermanfaat.