Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Tuesday, September 9, 2014

Resep Kue Nastar Keju yang Lezat

Resep Kue Nastar yang lezat dan gurih tentu merupakan pilihan bagi setiap ibu rumah tangga yang ingin menyajikan kue mungil ini bagi keluarga tersayang. Kue Nastar yang pada awalnya berasal dari negeri Belanda ini merupakan gabungan dari “Ananas” dan “tart”. Dalam Bahasa Belanda, Ananas memiliki arti nanas dan Tart adalah kue tar. Gabungan dari nanas dan kue tar disingkat menjadi Nastar. Kue nastar yang banyak disajikan pada saat Hari Natal maupun lebaran, ternyata memiliki makna yang jauh dari sekedar kue. Kue Nastar yang juga selalu hadir dalam perayaan Imlek ternyata menjadi lambang sebuah kemakmuran, untuk itu kue Nastar menjadi kue andalan dalam pelengkap perayaan tahun baru Cina.

Meskipun di pasaran banyak yang menjual kue nastar, namun membuat kue nastar sendiri di rumah tentu menjadi hal yang jauh lebih spesial. Apalagi jika hendak disajikan kepada kerabat dekat, tentu merupakan sebuah kebanggaan jika mereka menyukai kue buatan kita. Resep yang tepat sangat diperlukan agar kue nastar buatan kita menjadi enak dan gurih. Berikut adalah resep kue nastar yang lezat dan gurih yang bisa anda coba di rumah.

Resep kue nastar yang lezat dan gurih:
Bahan yang dibutuhkan

    Resep Kue Nastar Keju
  • 450gram tepung kue atau tepung terigu
  • 3 butir telur, ambil kuningnya saja
  • 350gram mentega
  • 120gram gula halus atau bubuk
  • 1sdt vanilli
  • Selai nanas instan
  • Wafer
  • 100gram keju, parut
  • 1butir kuning telur khusus untuk olesan
Cara membuat :
  1. Kocok kuning telur dengan mentega menggunakan mixer berkecepatan tinggi. Kocok hingga mengembang. Setelah mengembang, masukkan gula bubuk sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Mixer adonan hingga kurang lebih 4menit dan matikan mixer.
  2. Ayak tepung terigu agar tepung menjadi halus dan tidak ada yang kasar. Masukkan perlahan-lahan tepung terigu ke dalam adonan dan aduk dengan menggunakan spatula. Aduk searah jarum jam dan aduk pelan agar adonan tidak bantet dan keras.
  3. Setelah adonan kalis dan dapat dibentuk, ambil adonan dan mulailah membentuknya. Pertama, ambil adonan yang sudah dibentuk, lubangi tengahnya dan masukkan selai nanas, kemudian tutup kembali. Adonan kedua, ambil adonan secukupnya, lubangi tengahnya dan masukkan wafer yang sudah dipotong potong sesuai kebutuhan.
  4. Letakkan adonan yang sudah jadi ke dalam Loyang oven yang sudah diolesi mentega sebelumnya.
  5. Setelah semua adonan sudah selesai diletakkan di dalam Loyang, olesi permukaan adonan dengan kuning telur yang sudah dikocok sebelumnya dengan menggunakan kuas.
  6. Taburi permukaan kue dengan menggunakan keju yang sudah diparut.
  7. Panggang dalam oven kurang lebih selama 30menit dengan suhu 180 derajat celcius.
  8. Jika warna sudah berubah menjadi kuning keemasan, maka kue sudah matang dan siap diangkat.
Demikian resep kue nastar yang lezat dan gurih, semoga bisa menjadi penambah semangat dalam kegiatan anda setiap hari, selamat menikmati.

iklan