Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Thursday, September 25, 2014

Resep Kue Lapis Tepung Beras Tradisional

Kue lapis merupakan salah satu jenis jajanan pasar yang memang sangat terkenal dan banyak masyarakat yang menyukainya. Untuk resep kue lapis yang termasuk kue basah ini juga banyak temui di toko kue ataupun di pasar. Variasi kue lapis ini juga sangat banyak, seperti kue lapis tapioka, kue lapis tepung beras, kue lapis legit dan masih banyak lainnya.

Selain memiliki harga yang murah, warna dari kue lapis sendiri juga menarik. Kue yang berbahan dasar dari tepung beras ini juga terkenal akan rasanya yang lezat dan lembut, kue lapis ini juga memiliki warna yang menarik. Bagi anda yang ingin mencobanya, berikut adalah resep dari kue lapis yang bisa anda praktekkan.

Bahan - bahan kue lapis :
  • Tepung beras 300 gr ( pilih kualitas yang bagus agar menghasilkan hasil yang sempurna )
  • Gula pasir putih 310 gr ( jangan menggunakan pemanis buatan agar tidak mempengaruhi kualitas )
  • Tepung sagu 100 gr
  • Garam beryodium, secukupnya
  • Daun pandan 3 lembar, cuci bersih
  • Santan kental 1,5 liter, bisa juga menggunakan santan instan yang bisa anda dapatkan di toko-toko
  • Pewarna makanan ( pilihan warna sesuai selera )
Cara pembuatannya :
    Resep Kue Lapis
  1. Siapkan wadah panci dengan ukuran sedang. Lalu masukan 1,5 liter santan, daun pandan 3 lembar, dan garam. Masak dengan menggunakan api kecil, aduk terus secara perlahan dan usahakan jangan sampai putus karena bisa membuat santan pecah dan tunggu hingga mendidih. Sisihkan.
  2. Ambil wadah lagi dengan ukuran sedang. Lalu masukan tepung beras, tepung sagu serta gula pasir. Aduk bahan - bahan tersebut sampai tercampur rata.
  3. Setelah itu masukan santan tadi ke dalam wadah yang ke dua ( wadah yang berisikan tepung beras, sagu dan gula pasir ) sedikit demi sedikit. Lalu uleni hingga santan habis dan adonan tercampur rata.
  4. Lalu bagi adonan tadi menjadi beberapa bagian, tergantung sesuai dengan jumlah dengan warna atau lapis yang anda inginkan. Setelah terbagi, berikan pewarna makanan, uleni lagi sampai merata.
  5. Selanjutnya masukan satu lapi adonan tadi ke dalam wadah, dan masukan ke dalam kukusan selama 11 menit, setelah itu masukan lagi adonan dengan warna yang berbeda. Ulangi terus sampai adonan habis. ( gunakan api sedang di dalam proses pengukusan )
  6. Setelah semua adonan habis tunggu lagi kurang lebih 18 menit, dan anda juga bisa memeriksanya dengan lidi untuk memastikan bahwa setiap lapisnya matang.
  7. Setelah matang, potong - potong sesuai selera, hidangkan.
Mudah sekali bukan cara membuat kue lapis ini? Anda juga bisa bereksperimen dengan menggunakan bahan - bahan tambahan dalam proses pembuatan kue lapis ini untuk menambah cita rasa dari kue lapis sendiri. Selamat mencoba.