Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Monday, September 8, 2014

Resep Donat Kentang Praktis dan Bergizi Tinggi

Resep donat kentang praktis dan bergizi bisa menjadi sebuah alternative pilihan jika kita tidak memiliki banyak waktu untuk makan, baik itu sarapan maupun makan siang. Pada awalnya kue donat merupakan kue goreng yang dibuat oleh orang Belanda. Namun seiring dengan perkembangan jaman, kue donat menjadi makanan hampir di seluruh dunia dengan berbagai varian rasa. Rasanya yang gurih dan empuk, membuat masyarakat luas semakin menggandrunginya.

Pada awalnya donat hanya dibuat dengan bahan utama terigu. Namun dengan seiring perkembangan jaman, penggunaan kentang ke dalam kue donut semakin tidak terelakan. Kentang yang menyatu dengan sempurna dalam kue donat membuat kue donut menjadi jauh lebih empuk, bergizi dan juga mampu menambah tenaga pada saat kita tidak sempat sarapan ataupun makan siang akibat jadwal yang padat.

Resep Donat Kentang
Cara membuat kue donat sebenarnya sangatlah mudah, asalkan kita mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Pengolahan adonan dengan takaran yang tepat merupakan kunci sukses dalam membuat kue donat ini. Selain itu, minyak yang digunakan untuk menggoreng pastikan minyak yang bersih dan masih baru, agar rasa donat tidak berubah akibat campuran bahan lain yang mungkin mengendap ke dalam minyak bekas.
Berikut adalah resep donat kentang yang praktis dan bergizi yang bisa anda praktekkan di rumah.

Bahan yang dibutuhkan :
  • 100gram gula bubuk atau gula halus
  • ½ sendok teh garam
  • 4 kuning telur
  • 75gram mentega
  • 100ml air es
  • 500gram tepung terigu
  • 50gram susu bubuk
  • 1sachet ragi instan
  • 250gram kentang yang dikukus dan dihaluskan
  • Minyak untuk menggoreng
  • Tissue minyak atau tissue dapur
Cara membuatnya :
  1. Campurkan semua bahan menjadi satu, yaitu susu bubuk, gula, ragi instan dan tepuk terigu, kemudian aduk hingga semua bahan menjadi tercampur rata.
  2. Kemudian masukkan kentang ke dalam adonan nomor satu, dan aduk hingga rata.
  3. Tambahkan kuning telur, aduk terus hingga rata dan perlahan masukkan air dingin.
  4. Uleni adonan hingga menjadi kalis, kemudian tambahan garam serta mentega, dan aduk terus.
  5. Uleni adonan menjadi benar-benar kalis dan kemudian diamkan selama lima belas menit. Pada saat proses ini, tutup permukaan wadah adonan dengan aluminium foil agar adonan cepat mengembang.
  6. Setelah menunggu selama 15menit, ambil adonan secukupnya dan bulatkan. Setelah itu lubangi tengahnya dengan menggunakan sumpit ataupun jari tangan.
  7. Saat semua adonan sudah selesai dibentuk, masukkan kembali adonan ke dalam wadah dan diamkan selama 20menit hingga mengembang. Tutup kembali permukaan wadah dengan plastik wrapping ataupun alumunium foil.
  8. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak cukup panas, goreng donat ke dalam minyak hingga berwarna kuning keemasan. Tiriskan.
  9. Donat yang digoreng mengandung banyak minyak, untuk itu serap kelebihan minyak dengan tissue dapur.
  10. Sajikan donat dengan hiasan sesuai selera anda.
Demikian info resep donat kentang.