Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Thursday, October 16, 2014

Resep Mie Kuah atau Mie Rebus

Resep mie kuah atau mie rebus - Beberapa hari yang lalu ketika saya baru pindahan rumah, saya mengetahui ada satu fakta unik dari salah satu tetangga saya, bahwa dia takut sama yang namanya nasi. Iya, awalnya saya juga ragu dan terheran – heran. Kok ada ya manusia yang takut dengan nasi. Lalu saya mulai bertanya – tanya, jadi dia makan apa dong kesehariannya? Saya pun menemukan jawabannya (horeee :D). Ternyata dia makan mie, kalau nggak mie ya baso, pokok makanan – makanan yang sekiranya tidak mengandung nasi dan lontong.

Berhubung saya merasa bersalah karena telah bertanya banyak tentang (mungkin) keanehannya tersebut, saya ingin menebusnya dengan cara memasakkannya mie kuah. Mie kuah paling nikmat disantap ketika kuahnya masih panas dan mie nya tidak lumer. Ya walaupun ada beberapa orang takut akan konsumsi mie, setidaknya kalau mie buatan sendiri kan sedikit lebih aman ya, hehehe.

Untuk membuat mie kuah, yang diperlukan adalah :
  • 1 bungkus mie telur.
  • Sedikit minyak goreng untuk menumis.
  • Potong – potong kecil 1 ons daging ayam.
  • Air mineral untuk merebus, secukupnya saja.
  • Siapkan telur 2 butir saja.
  • Cabai merah sesuai selera anda.
  • Garam.
  • Penyedap rasa (bila diperlukan).
  • Iris tipis 2 batang daun bawang.
  • 4 buah bawang merah yang juga di iris tipis.
  • 2 siung irisan tipis bawang putih.
Tak ada bumbu yang perlu anda haluskan dalam membuat mie kuah. Anda hanya harus melakukan langkah – langkah dibawah ini :
Resep mie kuah
  1. 2 butir telur yang telah kita siapkan tadi, rebuslah dalam keadaan utuh kurang lebih 10 menit agar dia matang sampai dalam.
  2. Setalah selesai merebus telur, diamkan sejenak hingga telur menjadi sedikit dingin dan anda bisa mengupas cangkangnya. Setelah cangkang telur terkupas belahlah telur masing – masing menjadi dua bagian.
  3. Mulailah memanaskan minyak untuk menumis bawang merah, bawang putih, dan cabai. Tunggu hingga baunya menjadi harum.
  4. Masukkan air hingga menurut anda cukup, disusul dengan memasukkan mie yang telah direbus tadi. Biarkan dulu sejenak saja.
  5. Setelah itu kita bisa memasukkan potongan ayam dan daun bawang. Aduk – aduklah kembali hingga semua tercampur rata.
  6. Tambahkan garam dan penyedap rasa bila anda merasa perlu. Atau tambahkan cabe merah jika ingin membuat mie anda terasa pedas.
  7. Setelah rasanya pas dengan selera anda, matikan kompor.
Resep mie kuah atau mie rebus - Proses memasak mie rebus telah selesai. Tinggal kita variasikan saja penyajiannya dengan imajinasi dan kreatifitas kita masing – masing. Jangan lupa untuk memasukkan telur yang sudah kita rebus dan belah tadi. Selain telur anda bisa menambahkan baso, sosis, sayuran lainnya, dan juga daun bawang. Sajikan selagi mie dalam keadaan masih panas. Namun jangan jadikan mie sebagai makanan tiap hari ya, karena gimanapun juga kurang baik untuk kesehatan walau mie buatan sendiri.

iklan