Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Thursday, October 23, 2014

Resep Membuat Martabak Telor Paling Enak

Resep Martabak Telor - malam yang dingin seperti ini enaknya makan martabak, apalagi ditemani dengan segarnya acar mentimun plus pedesnya cabai hijau. Martabak telor termasuk salah satu menu favorit untuk dinikmati sendiri, bersama teman, keluarga, hingga acara – acara besar. Dari ditemani kecap hingga saos. Bagi sebagian orang mungkin sulit untuk dapat sering menikmatinya dengan berbagai alasan seperti anak kost yang jelasnya kekurangan budget (pengalaman pribadi hehehe), orang – orang yang rumahnya jauh dari pusat kuliner, dan kondisi - kondisi lainnya.

Tenang, mulai hari ini hapuskan semua alasan tersebut, karena saya akan membagikan resep martabak telur yang bisa dibuat sendiri baik di kost (asal ada dapur lo ya) ataupun dirumah. Bagian penting dari martabak memang adalah bagian isi, namun bagian kulit juga tak kalah penting. Nah bagaimana cara membuat kulit martabak yang pas?

Ya, pertama – tama saya akan mengajarkan pada anda bagaimana cara membuat kulit martabak yang pas. Anda perlu menyiapkan bahan – bahan seperti :

  • 1 ons tepung terigu.
    Resep Martabak Telor
  • Garam secukupnya.
  • Air mineral yang sudah matang.
  • Kocokan 1 butir telur.
  • 2 sdt minyak goreng.
Cara membuat kulit martabaknya :
  1. Campurkan tepung terigu, garam, minyak goreng dan kocokan telur (cukup masukkan 2 sdm kocokan telur), campurkan (uleni) hingga adonan menjadi elastis.
  2. Bagilah adonan menjadi beberapa bagian, bulatkan, dan rendam dengan minyak goreng selama kurang lebih 60 menit.
  3. Angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak, diamkan dalam wadah kurang lebih 60 menit sambil ditutup dengan serbet.
Resep Martabak Telor - Hanya membuat kulitnya saja mungkin sudah memakan waktu yang cukup lama ya, tapi jangan menyerah dulu dong, masak martabak Cuma ada kulitnya doang, isinya mana? Ayo buat isinya. Bahan – bahan yang diperlukan adalah :
  • ¼ kg daging cincang. Daging yang sudah direbus akan terasa lebih nikmat.
  • 2 butir telur ayam. Kalau anda ingin menggunakan telur bebek juga tidak apa – apa.
  • Cincang halus 2 siung bawang butih.
  • Cincang juga 4 buah bawang merah.
  • 1 buah bawang bombai, jangan lupa untuk diiris halus.
  • Iris halus juga 1 tangkai daun bawang.
Dengan bahan yang lumayan banyak tersebut, ini dia cara mengolahnya :
  1. Masukkan bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai. Tumis sampai berbau harum.
  2. Sambil tetap ditumis, masukkan daging cincang. Masaklah hingga tingkat kematangan sesuai selera anda.
  3. Setelah matang, masukkan bahan – bahan lainnya yang telah kita siapkan tadi.
  4. Aduk terus hingga semuanya benar – benar matang.
Ok, kulit sudah jadi, isian juga sudah jadi. Sekarang kita tinggal menyatukan mereka hingga terwujudlah apa yang dinamakan martabak telor. Proses yang perlu anda lakukan adalah :
  1. Yang pertama, ambilah 1 adonan kulit kira – kira 40 gram saja, tipiskan seperti yang ada di penjual – penjual martabak biasanya.
  2. Ambil isi secukupnya untuk adonan kulit tersebut, taruh di wadahdan campurkan dengan sebutir telor. Kocok sampai semuanya menyatu.
  3. Letakkan adonan isi tersebut di atas adonan kulit tipis.
  4. Lipat – lipat hingga isi benar – benar tertutup oleh kulit martabak.
  5. Panaskan minyak goreng.
  6. Ketika minyak siap digunakan untuk menggoreng, gorenglah martabak anda sekitar 15 menit sambil sering dibolak – balik agar tidak gosong. Goreng hingga warna coklatnya sesuai keinginan anda.
Nah, ayam goreng sudah siap. Tata di piring saji, sajikan bersama acar dan cabai rawit hijau. Nyam nyam nyam, selamat mempraktekkan Resep Martabak Telor.

iklan