Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Monday, September 15, 2014

Resep Nasi Uduk Praktis dan Lezat

Resep nasi uduk praktis dan lezat bisa anda lakukan dengan memasak menggunakan rice cooker. Meskipun dimasak dengan rice cooker, jangan salah, rasanya yang gurih  dan lezat tidak kalah dengan nasi uduk yang dimasak dengan cara traditional. Nasi uduk yang merupakan makanan khas betawi dan menyebar luas di Jakarta ini pada awalnya merupakan masakan khas tanah melayu. Tanah melayu yang dimaksud yang berasal dari bagian Malaysia dan Sumatera pada umumnya.

Nasi uduk sudah dikenal masyarakat luas sejak abad 14 silam. Kata Uduk dalam nasi uduk merupakan bahasa sunda, yang mana artinga “Uduk” adalah bercampur atau menjadi satu. Pada akhirnya nasi uduk menjadi semacam makanan Khas daerah Jawa barat yang sangat digemari hingga sekarang ini.

Nasi uduk memiliki rasa yang gurih akibat proses memasaknya yang menggunakan santan. Nasi uduk yang dulunya merupakan makanan rakyat kecil, kini berubah menjadi kuliner yang dinikmati oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan. Jika anda ingin membuat nasi uduk dengan cepat dan praktis, berikut adalah resep nasi uduk yang praktis yang bisa anda masak dirumah.

Bahan yang dibutuhkan

  • 3cangkir atau cup beras
    Resep Nasi Uduk
  • 3lembar daun salam
  • 2 batang serai
  • 1 sendok teh garam
  • 200ml santan ( bisa menggunakan santan instan yang banyak dijual dipasaran)
  • air secukupnya
Cara memasak:
  1. Cuci bersih beras hingga air bilasan terakhir berubah menjadi bening.
  2. Masukkan beras kedalam rice cooker, kemudian tambahkan air dan santan, dan aduk hingga rata.
  3. Tambahkan garam, daun salam dan serai kedalam rice cooker dan masak seperti memasak biasa.
  4. Pada saat memasak, kira-kira pada saat beras sudah dalam kondisi setengah matang, buka rice cooker dan aduk beras agar bisa tanak dengan sempurna.
  5. Nasi Uduk siap untuk disajikan.
Sebagai lauk nasi uduk anda bisa menyajikan dengan lauk berikut sederhana berikut,
1.  Ayam goreng Bawang.
Caranya cukup mudah, cuci bersih ayam dan lumuri dengan jeruk nipis dan garam, diamkan selama 15 menit. Sementara itu, haluskan bawang putih secukupnya dicampur dengan garam, dan tambahkan air.  Setelah lima belas menit, cuci bersih ayam dan tiriskan. Kemudian campurkan ayam kedalam air bawang. Panaskan minyak, dan goreng ayam anda hingga berwarna kuning keemasan. Ayam goreng bawang siap untuk disajikan.
2.  Telur dadar
Telur dadar yang diiris tipis menyerupai mie juga biasa disajikan sebagai pelengkap nasi uduk. Cara membuat nya cukup mudah, campurkan 1 butir telur yang dikocok lepas ditambah garam secukupnya. Dadar pada wajan yang diolesi minyak goreng tipis-tipis. Biarkan hingga matang dan potong-potong tipis-tipis.

Selain dua lauk diatas, nasi uduk juga bisa disajikan dengan sambal yang terbuat dari campuran kacang dengan diikuti kerupuk atau emping belinjo. Demikian resep nasi uduk yang praktis dan lezat, selamat mencoba.

iklan