Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Tuesday, September 16, 2014

Resep Nasi Kuning yang Praktis dan Mudah Dibuat

Resep nasi kuning yang praktis dan mudah dibuat tentu merupakan harapan bagi semua orang ingin membuat nasi kuning namun terkendala oleh waktu. Selain itu, prosesi membuat nasi kuning yang agak susah dengan banyak langkah yang harus diikuti membuat banyak orang malas untuk membuatnya, sehingga membeli di luar merupakan salah satu solusi tercepatnya. Namun sayangnya, tidak semua nasi kuning yang ada dipasaran memiliki rasa yang sesuai selera.

Ada yang rasanya hambar, ada yang nasinya keras, atau kadang lauknya tidak sesuai yang diharapkan. Berbagai masalah itulah yang membuat nasi kuning buatan sendiri tetap saja menjadi yang nomor satu. Apalagi jika kita sajikan pada acara keluarga dan menuai banyak pujian, tentu membuat kita semakin senang bukan.

Jika anda ingin membuat nasi kuning namun terbayang dengan tingkat kesulitan yang akan dihadapi, maka anda tidak perlu khawatir. Sebenarnya membuat nasi kuning sangatlah mudah, asalkan kita tahu resep dan tekniknya. Apalagi jaman sekarang ini banyak masyarakat yang memilih rice cooker sebagai media menanak nasi, untuk itu kita bisa memanfaatkan alat tersebut untuk mempermudah membuat nasi kuning. Berikut adalah resep nasi kuning yang praktis dan mudah dibuat kapan saja.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1000 gram beras
    Resep Nasi Kuning
  • 250 gram beras ketan
  • 3 daun salam
  • 1 Batang Serai dimemarkan
  • 200ml santan ( bisa menggunakan santan instan)
  • Air secukupnya
Bumbu halus:
  • ½ sdt bubuk kunyit atau 2ruas kunyit yang diparut, dan ambil airnya
  • 4 butir bawang merah
  • 5 bawang putih
  • 1 sdt garam
Bahan Pelengkap :
  • Bawang Goreng, telur dadar, ayam goreng, sambal goreng tempe dan kentang, serundeng, irisan timun, acar wortel dan sambal.
Cara memasak
  1. Campur beras dan beras ketan jadi satu, dan cuci bersih hingga air bilasan terakhir menjadi bening.
  2. Haluskan semua bumbu halus hingga benar-benar halus.
  3. Masukkan beras ke dalam rice cooker dan masukkan santan dan air secukupnya seperti memasak nasi pada umumnya dan aduk hingga merata.
  4. Tambahkan bumbu halus ke dalamnya dan aduk lagi hingga semua bumbu benar-benar merata.
  5. Nyalakan rice cooker dan masak hingga matang. Pada saat beras dalam keadaan setengah matang, aduk-aduk sebentar dan tutup lagi hingga matang sepenuhnya.
  6. Pada saat nasi sudah matang, diamkan dalam posisi warm di dalam rice cooker kurang lebih selama 15 menit agar nasi matang dengan sempurna.
  7. Nasi kuning siap disajikan dengan berbagai bahan pelengkap yang sudah disiapkan.
Nasi kuning yang juga biasa dibuat sebagai nasi tumpeng memiliki banyak makna positif dalam masyarakat, seperti lambang kesuksesan dan kemakmuran. Untuk itu jika anda hendak memiliki hajatan atau acara apapun, anda tidak perlu ragu lagi untuk menyiapkannya sendiri. Selain lebih hemat dan murah, juga lebih higienis. Demikian resep nasi kuning yang praktis.

Baca Juga Resep Nasi Goreng http://resepmembuatku.blogspot.com/2013/04/resep-membuat-nasi-goreng-enak-sederhana.html

iklan