Pusat Aneka Kuliner Terlaris

Friday, September 19, 2014

Resep Kue Lumpur Rasa Pandan

Resep kue lumpur rasa pandan yang gurih dan manis ini bisa anda buat dengan mudah di rumah. Kue lumpur yang merupakan kue asli tradisional di Indonesia ini kini semakin jarang kita temui. Banyaknya makanan modern membuat kue tradisional banyak ditinggalkan oleh anak muda. Rasa kue lumpur yang gurih ini memiliki rasa yang berbeda dibanding dengan kue-kue lainnya. Meskipun disebut dengan kue lumpur, bukan berarti kue ini terbuat dari lumpur. Kue lumpur ini memiliki tekstur yang sangat lembut ditengahnya, sehingga pada saat menyantapnya seakan kita tidak perlu untuk mengunyahnya.

Kue lumpur sering disajikan sebagai kudapan untuk teman minum teh di pagi hari ataupun di sore hari. Dalam membuat kue lumpur, diperlukan cetakan kue khusus kue lumpur. Hal ini karena kue lumpur memiliki bentuk seperti mangkuk dengan lapisan pinggirnya berwarna kecoklatan karena proses memasak dengan cara hampir seperti dipanggang. Kue lumpur biasanya akan dengan mudah kita temukan di pasar-pasar tradisional dan cukup sulit ditemukan di kota-kota besar.

Hal ini sungguh miris mengingat kue lumpur adalah kue khas Nusantara, kini keberadaannya mulai hilang tergerus jaman. Jika anda ingin memakan kue lumpur namun kesulitan mendapatkannya, maka anda tidak perlu berkecil hati, karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan yang dibutuhkan

  • ½ kg tepung terigu
    Resep Kue Lumpur
  • ¼ kg kentang
  • ¼ kg margarine, dicairkan
  • 4butir telur
  • 850ml santan cair
  • ¼ kg gula pasir
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt vanili
  • ½ sdt perisa pandan
  • 1 buah kelapa muda
  • 1 genggam kismis
  • Daun Pandan 1 lembar
Cara membuat:
  1. Langkah 1: Kukus kentang hingga matang, kemudian kupas kulitnya dan haluskan hingga benar-benar halus, kemudian sisihkan.
  2. Langkah2: Ambil daging kelapa muda dan letakkan dalam mangkuk, sisihkan. Lanjutkan dengan memotong daun pandang memanjang seperti batang korek api.
  3. Langkah3: Lelehkan mentega hingga mencair semuanya, sisihkan.
  4. Langkah4: Campurkan telur, gula dan vanili, kocok kurang lebih hingga selama 10menit sampai adonan tercampur rata.
  5. Langkah5: Masukkan kentang kedalam adonan, dan terus aduk hingga semua tercampur rata.
  6. Langkah6: Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan tetap aduk hingga semua adonan tercampur rata.
  7. Langkah6: Tuangkan santan, perisa pandan, garam dan margarine cair lalu aduk adonan hingga semua tercampur merata.
  8. Langkah7: Panaskan cetakan kue lumpur yang sudah disiapkan, lalu olesi permukaannya dengan margarine agar tidak lengket. Anda bisa mengolesinya dengan menggunakan kuas agar jauh lebih mudah.
  9. Langkah8: Mulai masukkan adonan kue lumpur kedalam cetakan kue lumpur. Tunggu kurang lebih dua menit hingga setengah matang.
  10. Langkah9: Masukkan kismis dan kelapa muda diatas kue lumpur yang sudah hampir matang. Tidak lupa tambahkan daun pandan diatasnya.
  11. Langkah10 : Tunggu kurang lebih 3menit hingga kue lumpur matang sempurna, kemudian segera angkat. Kue lumpur rasa pandan siap untuk disajikan.
Baca Juga: Resep Kue Lumpur Panggang

iklan